SUKSES ADALAH BERANI BERWIRAUSAHA


SUKSES ADALAH BERANI BERWIRAUSAHA

Ada sebuah pola pikir sempit yang masih tertanam dalam benak banyak mahasiswa kita ketika berbicara tentang kesuksesan hidup. Kesuksesan hidup setelah selesai kuliah sering diaritikan oleh mahasiswa ketika mereka memperoleh pekerjaan disebuah perusahaan atau instansi . Mereka merasa bangga dan telah puas dengan status tersebut ketika telah bekerja sebagai seorang karyawan. Memang tidak ada yang salah dengan pola pikir semacam itu, tetapi apakah hal itu sesuatu yang tepat untuk mengukur kesuksesan dalam hidup setelah selesai kuliah ? pola pikir yang  puas dan merasa sukses ketika telah menjadi karyawan adalah pola pikir yang perlu dirubah sedini mungkin, karena sesungguhnya pola pikir semacam itu tidak tepat apabila digunakan di Negara kita Indonesia yang sedang membutuhkan orang-orang inovatif dan kreativ untuk menciptakan jutaan lapangan pekerjaan baru.
Menurut data dari Badan Pusat Statistik yang disampaikan oleh oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan dalam jumpa pers di kantornya, Jalan DR. Soetomo, Jakarta, Kamis (5/5/2011) Hingga Februari 2011, jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 8,12 juta orang ( dalam http://www.todaypos.com). Ada banyak faktor yang menyebabkan masih banyaknya pengangguran di Indonesia, salah satunya adalah Sempitnya lapangan pekerjaan yang tidak sebanding dengan jumlah tenaga kerja. Hal ini menjadi menjadi salah satu factor krusial yang menyebabkan angka pengangguran masih besar. Dari paparan tersebut kita dapat menarik benang merah yakni masalah pengangguran yang dikarenakan sempitnya lapangan pekerjaan merupakan masalah mendasar yang dialami Negara Indonesia. Definisi yang pantas diajukan sekarang apakah mahasiswa tersebut sukses dalam hidup setelah kuliah mampu memberikan pemecahan yang dialami oleh Negara kita dengan menciptakan lapangan pekerjaan yang baru atau dengan kata lain menjadi wirausaha atau tidak?. Itulah pertanyaan substansial apakah mahasiswa layak dikatakan sukses atau tidak setelah selesai kuliah.
Mahasiswa setelah lulus, ketika mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan ide kreativ dan inovatif akan banyak manfaat yang diperoleh, bagi dirinya sendiri atau bagi Negara Indonesia. Pertama ia akan menjadi seorang bos atau dengan kata lain menjadi wirausahawan yang mandiri dan tidak bergantung dengan orang lain. Kedua, dengan adanya lapangan pekerjaan yang baru memberikan kesempatan kepada orang-orang yang belum bekerja untuk bisa dipekerjakan dan akan mengurangi jumlah pengangguran yang ada. Ketiga, adanya lapangan pekerjaan baru akan mampu menghasilkan suatu iklim yang kompetitif dinegara kita untuk bersaing melahirkan inovasi berbagai produk dalam negeri dan mendoronng lahirnya wirausawan baru. Satu wirausahawan saja akan mampu memberikan kontribusi yang cukup besar seperti itu, bagaimana jika lulusan perguruan tinggi banyak yang mampu menjadi wira usahawan mandiri?.  Keyakinan besar pasti ada dalam benak kita semua, masalah utama yang dihadapi Negara Indonesia mengenai pengangguran dikarenakan sempitnya lapangan pekerjaan akan terselesaikan dengan cemerlang. Mahasiswa setelah lulus atau pada waktu kuliah mampu menciptakan lapangan pekerjaan dengan ide kreativ dan inovatifnya ialah yang layak dikatakan sukses dalam hidupnya.


0 komentar:

Posting Komentar