KERSEN, SI KECIL YANG SANGAT BERMANFAAT

KERSEN
SI KECIL YANG SANGAT BERMANFAAT

Buah kersen yang masih menggantung di pohonnya


Kersen atau talok adalah nama sejenis pohon dan buahnya yang kecil dan manis.Buah kersen disukai terutama oleh anak-anak, burung dan codot. Anak-anak sekolah sering memanjat pohonnya, meninggalkan bekas-bekas berupa ranting yang berpatahan dan kulit batang yang terkelupas. Pohon kersen khususnya berguna sebagai pohon peneduh di pinggir jalan. Selain itu, Kersen juga sangat baik untuk kesehatan, contohnya sebagai berikut :

  1. Segi kandungan gizinya buah kersen tidak kalah dengan buah yang lain misalnya mangga. Kandungan vitamin C buah mangga 30 mg, sedangkan pada buah kersen 80,5 mg, selain itu kandungan kalsium pada buah kersen 124,6 mg, jauh lebih banyak dari buah mangga yang hanya 15 mg. Dengan memakannya sebanyak 5 - 10 butir buah kersen yang sudah matang, busang air besar langsung lancar kembali. 
  2. Antiseptik – Rebusan daun kersen ini ternyata mempunyai khasiat dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik. Rebusan daun kersen terbukti dapat membunuh bakteri sbb: C. Diptheriae , S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis, dan K. Rhizophil. Diduga aktivitas anti bakteri dari daun kersen ini disebabbkan oleh adanya kandungan senyawa seperti tanin, flavonoids dan saponin yang dimilikinya. 
  3. Antiinflamasi – Rebusan daun kersen juga mempunyai khasiat untuk mengurangi radang (antiinflamasi) dan juga menurunkan panas. 
  4. Antitumor – Daun kersen dilaporkan juga mempunyai efek anti tumor, dimana kandungan senyawa flavonoid yang dipunyai daun kersen ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara invitro/laboratoris. 
  5. Anti Uric Acid (Asam Urat) – Di Indonesia secara tradisional buah kersen telah digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari. Hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat tsb. 
  6. Antidiabetes – 50 – 100 g daun kersen yang telah dicuci bersih direbus dalam 1 liter air hingga mendidih dan tersisa separuhnya. Hasil rebusan itu diminum 2 kali sehari. Jika menggunakan ekstrak daun kering, 2 – 5 g diseduh dalam 200 ml air. 
  7. Bagi anak yang sedang demam atau mengalami radang pada organ tubuhnya tidak boleh mengkonsumsi buah - buahan bersifat panas. Misalnya blewa, semangka, buah pier, pisang, buah kiwi, mangga, kesemek. 
  8. Selain itu buah ceri dapat melindungi kesehatan jantung. 
  9. Dalam sejumlah besar kondisi, mudah merasa lelah berhubungan dengan berkurangnya kandungan besi dalam darah, kurangnya pasokan oksigen dan tidak lancarnya peredaran darah. Dengan mengonsumsi buah ceri dapat memenuhi zat besi, mencegah hanyutnya zat besi, sekaligus memperbaiki peredaran darah, membantu melawan lelah. 
  10. Dengan kandungan anthocyanin, ceri juga bisa menyembuhkan penyakit rematik. 
  11. Membantu mengurangkan sakit radang tenggorokan 
  12. Mengandung serat, vitamin A dan C. 

0 komentar:

Posting Komentar